Kamis, 06 Agustus 2015

Pantai Losari Makassar

2 komentar
Keindahan Wisata Pantai Losari di Makasar.


Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).[butuh rujukan]

Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat).

Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.
Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari.

Tahun 2006 pantai Losari tampil dengan wajah baru, dengan nama ikon: "Pelataran bahari". Ini menambah ikon baru bagi Makassar
Kota Makassar merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Kota dengan luas wilayah 175,77 km persegi ini merupakan salah satu kota dengan berbagai keindahan di dalamnya (Lihat: Daftar Tempat Wisata di Makassar). Selain terkenal dengan coto makassarnya yang khas, Makassar juga menyajikan berbagai pilihan tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan Bali. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga, kerabat ataupun teman Makassar mampu menjadi salah satu tujuan yang patut untuk anda pertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tempat wisata di Sulawesi Selatan yang paling indah untuk anda kunjungi.


Berbicara masalah keindahan wisata pantai di Indonesia memang tidak ada habisnya, salah satu pantai yang menyimpan keindahan alami adalah pantai Losari. Keindahan Pantai Losari terdengar sampai keseluruh pulau di Indonesia. Pantai yang terletak di Jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar.

Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar dan pendatang untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari dengan menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Pantai ini memiliki keunikan dan keistimewaan yang mempesona. Salah satu ciri khas Pantai Losari adalah para pengunjung dapat menyaksikan Matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama.

Wisata Pantai Losari Makasar

Para pengunjung juga dapat menikmati indahnya deburan ombak yang memecah tanggul pantai dan kesejukan angin laut yang bertiup sepoi-sepoi, sambil menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari secara utuh di balik cakrawala, yaitu mulai dari perubahan warna hingga pergeseran posisinya sampai benar-benar hilang dari pandangan.

Selain keindahan pantainya Losari juga dikenal sebagai pusat kuliner yang menjual pangan dan jajanan yang khas. Berbagai macam kuliner lezat tersedia bagi anda yang suka berburu makan khas. Salah satunya yang digemari di pantai Losari ini adalah pisang epe.

Pisang mentah yang dibakar kemudian dipipihkan dan diberi campuran air gula merah ini bisa untuk menghangatkan badan sambil kita memandangi lautan di pantai Losari. Para pengunjung yang datang ke pantai ini juga dapat menikmati berbagai macam makanan laut yang segar. Di bagian selatan pantai Losari, terdapat sebuah kafe dan restoran terapung yang menggunakan kapal tradisional dengan berbagai macam menu, seperti masakan ikan pari, cumi-cumi dan lobster dengan harga berkisar antara Rp 10.000, – hingga Rp 30.000, – per porsi.

Dulunya selain di kafe restoran apung, di pinggir pantai juga terdapat warung tenda yang berjejer yang panjangnya kurang lebih satu kilometer, namun sekarang -warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.

Kelebihan lainnya dari pantai ini adalah pengunjung bisa mengakses Internet secara gratis dengan Hot Spot di sepanjang pantai Losari. Selain sarana kuliner dan wisata pantai, pantai Losari juga berfungsi sebagai sarana olahraga yaitu pada pagi hari pantai ini penuh dengan orang yang jogging sambil menikmati keindahan dari pantai Losari.

Untuk menikmati keindahan pantai Losari ini gratis dan tidak dipungut biaya. Apabila anda berkunjung ke pantai ini maka jangan lupa untuk berfoto di depan tulisan “Pantai Losari”. Akses menuju pantai Losari sangatlah mudah. Bila anda dari Bandar Udara Hasanuddin, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan mengendarai kendaraan bermotor, dan bila dari pelabuhan Soekarno-Hatta membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Banyak hotel dekat pantai losari sehingga mempermudah anda dalam memilih hotel saat berkunjung ke pantai Losari, beberapa hotel yang berbintang yang berada disekitar dipantai Losari adalah hotel Amaris Hotel Pankkukang yang berada di jalan Bougenville, Losari Beach Hotel yang berada tepat di depan pantai losari atau di jalan Penghibur no 10, Hotel Celebes yang ada di jalan Sultan Hasanudin.

Sementara itu bagi anda yang menginginkan penginapan murah Pantai Losari anda bisa menuju Losmen Semeru yang bertarif dibawah Rp. 100.000 namun dengan pelayanan yang cukup lumayan yang berada di jalan Jampea dekat China Town. Selain itu anda bisa juga menuju ke Wisma Merapi yang memiliki tarif sedikit  lebih mahal yang berada di jalan Merapi.

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    Pantai losari emang oke
    Semoga tempat wisata indonesia makin maju

Leave a Reply

 

PALING DISUKAI

POLLING ANDA :