Kamis, 06 Agustus 2015

Pulau Dutungan, Pesona Tak Tertandingi Kabupaten Barru.

0 komentar
Pulau Dutungeng


Pulau Dutungan, Pesona Tak Tertandingi Kabupaten Barru.

Pulau dengan luas sekitar 9 Ha ini memiliki hamparan pasir putih yang indah di sisi luarnya. Dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Barru.
Beberapa hari sebelumnya, saya dan teman-teman memutuskan untuk melakukan one day trip ke pulau. Awalnya kami ingin mengunjungi Pulau Cangke, cuma waktu tempuhnya memakan waktu 3 jam dan cuaca sedang tidak bersahabat. Oleh karena itu, kami ganti haluan ke Pulau Dutungan.

Pulau Dutungan letaknya di Kab. Barru. Untuk menuju ke sana, kita memerlukan waktu 2,5 jam (menggunakan mobil pribadi) dari Makassar ke dermaga penyeberangan di Kab. Barru, kemudian 10 menit menyeberang ke pulau Dutungan menggunakan perahu. Harga tiket untuk menyeberang ke Pulau Dutungan pulang-pergi adalah Rp. 30.000,- / orang. Cukup terjangkau. Untuk rutenya tersendiri, cukup mengikuti jalan poros Makassar menuju Kab. Barru. Sebelum mencapai perbatasan antara Kab. Barru dan Kota Pare-pare, akan ada papan petunjuk Lokasi Pulau Dutungan, kemudian belok kiri dan lurus saja, sekitar 800 M kemudian kita akan sampai di dermaga penyeberangannya.

Pulau Dutungan sendiri sangat indah dan tenang. Di bagian depan pulau dibangun penginapan-penginapan yang ditata dengan cantik. Harga penginapannya dibanderol dengan harga 250.000-350.000. Toilet umum dan air bersih juga tersedia dengan gratis. Bagi pengunjung yang tidak ingin menginap, bisa menggunakan bale-bale (tempat duduk) yang disediakan untuk beristirahat. Di bagian belakang pulau, tidak berpenghuni, terdapat jalan setapak yang menuju hutan kecil yang pada akhirnya akan tembus ke pantai depan.

Untuk sekedar bersantai atau bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, saya merekomendasikan pulau ini. Akan tetapi, sebaiknya sebelum ke Pulau Dutungan ada baiknya menyediakan bekal terlebih dahulu karena di sana tidak terdapat satupun pedagang. Bagi yang suka snorkeling, Pulau Dutungan lumayan bagus juga, cuma diharapkan membawa peralatan sendiri, karena di sana tidak ada penyewaan alat-alat snorkeling.

Leave a Reply

 

PALING DISUKAI

POLLING ANDA :