Jumat, 08 Mei 2015

Kuliner Khas Pare-Pare

0 komentar

Mantao Pare, Oleh-oleh Khas Kota Parepare 

oleh : 

AHMAD RISAL SM

Nikmatnya Roti Mantao Pare produksi Sinar Terang sudah sangat terkenal bagi para  pencinta roti. Penganan khas Parepare ini memiliki rasa yang enak, gurih dan bisa membuat ketagihan.


Sebagai kota jasa dan niaga, denyut nadi perekonomian Kota Parepare banyak bertumpu pada sektor perdagangan. Salah satu sektor usaha yang cukup menjanjikan di kota ini adalah sektor usaha rumah tangga atau home industry.  Banyak usaha rumah tangga yang ditekuni masyarakatnya dan beberapa diantaranya sudah terkenal hingga ke daera lain. Salah satu yang sekarang sedang naik daun adalah Roti Mantao, sebagai penganan khas Parepare.

Roti Mantao telah menjadi salah daya tarik  bagi mereka yang ingin berkunjung ke Parepare. Meski bentuknya hampir sama dengan roti pada umumnya, begitu juga bahan yang digunakan pun terbuat dari terigu. Namun warnanya putih lebih menyerupai bakpao atau tahu yang dibungkus dalam plastik.

Meskipun mirip, akan tetapi Roti Mantao berbeda dengan roti pada umumnya banyak di jual di toko-toko atau kios. Tentu berbeda juga dengan bakpao, apalagi tahu. Roti Mantao memiliki cita rasa yang khas dengan kelezatan yang bisa bikin ketagihan. Roti Mantau dapat dimakan begitu saja sambil minum teh atau kopi, namun lebih lezat kalau digoreng atau dikukus sebelum dimakan. Selain itu Roti Mantau juga boleh dikombinasikan dengan keju, selai, kornet, atau apa saja sesuai dengan selera dari yang akan mencicipinya.

Produksi Sinar Terang
Salah satu penjual Roti Mantao yang sangat terkenal di Parepare adalah buatan Heryadi Thamrin dengan nama usaha Sinar Terang. Usaha jualan kue sudah dilakoninya sejak tahun 1978, namun khusus Roti Mantao baru dimulai tahun 2007. Bapak ini juga sekaligus sebagai orang yang dikenal menemukan resep khas penganan kota Parepare tersebut.

Dalam sehari Roti Mantao rata-rata terjual hingga 500 bungkus. Pembelinya bukan hanya orang Parepare, namun juga pembeli yang datang dari berbagai daerah di Sulsel. Sejak saat itu pula Roti Mantao banyak yang membeli sebagai ole-ole khas Parepare.

Ekspansi ke Makassar
Melihat respon yang sangat besar terhadap Roti Mantao, akhirnya anak pemilik Roti Mantao di Parepare bernama Yasin Thamrin meneruskan usaha yang telah dirintis oleh orang tuanya, dengan melakukan ekspansi usaha ke Makassar.  Pada September 2012 dibukalah toko Mantao Pare di Jalan Sungai Sadang Baru nomor 620 Makassar.

Sejak dibuka respon masyarakat pun sangat bagus. Pembelinya bukan hanya masyarakat Makassar, tapi banyak pula orang dari luar Sulsel, dan juga orang-orang yang sengaja menjadikannya oleh-oleh. “Sampai sekarang Roti Mantao sudah pernah dibawa ke Jawa, Kalimantan, bahkan sampai keluar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Hongkong,” terang Yasin.

Menurut pengakuan dari salah seorang pelangganya bernama H. Yusri, biasanya dia sengaja datang ke Parepare hanya untuk membeli Roti Mantao. Di Parepare dia bahkan rela antri bersama puluhan orang agar bisa membawa pulang Roti Mantao.


Sebagai pengelola sekaligus anak pemilik usaha Mantao pare, Yasin mengklaim roti yang dijualnya termasuk jajaran makanan sehat dan aman dikonsumsi siapa saja. Bahan yang digunakan tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Roti Mantao tambah Yasin, juga aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Citarasa khas Bugis membuat ketagihan orang-orang yang pernah mencicipi roti ini.

Untuk bisa menikmati cita ras khas Roti Mantao, cukup mengeluarkan uang Rp 4500, kita sudah bisa membawa pulang sebungkus Roti Mantao dengan isis 3 biji.

Leave a Reply

 

PALING DISUKAI

POLLING ANDA :