Jumat, 08 Mei 2015

Baje Canggoreng

0 komentar
Baje Canggoreng

OLEH ;
AHMAD RISAL SM


Baje Canggoreng - kue tradisonal yang banyak dijumpai di Kota Pare-pare ini bahan utamanya dari kacang tanah dan gula merah, rasanya gurih dan manis. Panganan ini dapat bertahan sampai 1 (satu) bulan dalam kemasan. Baje canggoreng terbuat dari bahan utama berupa kacang tanah dan gula.

Sebenarnya Baje' Canggoreng tidak hanya dapat anda jumpai di daerah Pare-pare saja, melainkan hampir diseluruh daerah Sulawesi Selatan juga memproduksi cemilan manis ini, cuma yang paling populer dan dijadikan oleh-oleh para wisatawan yaa.. Setahu kami dari Kota Pare-pare.

Proses membuatnya sangat sederhana sekali yakni dengan menyiapkan kacang tanah yang sudah dikupas kemudian dikeringkan atau sekarang lebih kearah digoreng. Kemudian masukkan air, gula merah, sedikit garam dipanaskan dan diaduk sampai cairan gula mengental. Setelah mengental baru kacang yang sudah kering tadi dimasukkan dan diaduk perlahan-lahan.

Jika gula dan kacang sudah menyatu, siapkan tatakan atau cetakan untuk meletakkan adonan tersebut sampai mengering (biasanya di daerah bone alasnya dibuat dari daun pisang yang kering/muda yang digunting bentuk lingkaran jadi aromanya daun pisang menambah ke kekhasnya) dan saat mengering sajian gula kacang sudah dapat dinikmati.

Leave a Reply

 

PALING DISUKAI

POLLING ANDA :