Jumat, 08 Mei 2015

Doko-Doko Cangkuneng.

0 komentar

Doko-Doko Cangkuneng.
oleh :
AHMAD RISAL SM


Kue bugis merupakan makanan tradisional dan jajanan pasar yang cukup favorit dikalangan masyarakat. Biasanya dapat kita jumpai disaat acara besar seperti pernikahan, sunatan, sedekah bumi, pokoknya diacara hajatan gitu deh. Kue bugis biasanya disajikan dengan daun suji, namun sekarang di toko-toko juga sudah ada yang menyajikan dengan plastik. Tapi anjuran dari resep kafe, resep kue bugis lebih enak disajikan sama daun suji sih,,,ada aroma wangi-wanginya. Walaupun dengan mengunakan suji berarti cara membuat kue bugis harus repot mencari daun tersebut. Tak apalah kalau sebanding dengan kenikmatannya.

Resep Kue Bugis


Tentunya bahan-bahan yang dibutuhkan sangat simpel dan mudah ditemukan di toko-toko maupun di pasar. dan yang paling penting adalah cara pembuatannya yang sangat mudah dilakukan yang akan membuat ibu-ibu dirumah tidak sabar untuk membuatnya. Jika kalian ingin membuat resep kue bugis yang masuk dalam jajaran kue basah yang legit ini, mari persiapkan bahan-bahannya.
Resep Kue Bugis

    Bahan

        200 gram Tepung Ketan Putih
        100 gram Tepung Ketan Hitam
        100 gram Kentang,tumbuk hingga halus kemudian kukus
        30 gram Gula halus
        1/2 sendok teh Garam
        150 ml santan dari satu butir kelapa (santan dipanaskan sampai mendidih dan sisakan kira-kira 125 ml dan dinginkan)
        1 sendok teh Minyak Goreng
        50 gram Minyak Goreng

    Bahan isi


        200 gram Kelapa Parut
        100 gram Gula Merah, iris-iris sampai halus
        1 sendok teh Garam
        3 lembar Daun Pandan
        100 ml air

Jika bahan adaonan dan bahan untuk isi bugis ketan hitamnya sudah dipersiapkan, mari kita mulai membuat kue bugis ketan hitan yang legit ini.
Cara Membuat Kue Bugis

    Cara membuat isi: campurkan semua bahan isi jadi satu.masak sampai mendidih dan jangan lupa sambil diaduk-aduk ya. tunggu sampai adonan kalis. setelah bahan isi matang dinginkan.
    Kulit: campurkan tepung ketan putih, tepung ketan hitam, kentang, gula halus, dan garam. aduk-aduk sampai adonan tercampur merata.
    Tuangkan santan hangat secara perlahan kedalam adonan kulit. aduk-aduk sampai merata, sambil diasuk-aduk tuangkan satu sendok teh minyak goreng. aduk-aduk lagi sampai adonan kalis.
    Ambil sedikit adonan kulit. pipihkan dan beri isi. bentuk bulat
    Masukkan bulatan bugis kedalam 50 gram minyak goreng (biar gak lengket di daun suji)
    Setelah bulatan bugis dilumuri sama minya goreng saatnya dibungkus dengan daun suji. lakukan sampai adonan habis
    Kukus sampai matang

untuk 28 buah

Begitulah cara membuat kue bugis ketan hitamnya. mudah kan cara membuat kue basah yang satu ini yang tentunta cocok di makan bersama keluarga sambil minum teh. Mudah-mudahan resep dari resep kafe bermanfaat ya untuk kalian semua. terimakasih. Semoga resep kue basah ini bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

 

PALING DISUKAI

POLLING ANDA :